Senin, 22 April 2013

MIND MAP "tony buzan''Lima Kali Pengulanagan setara dengan ingatan jangka panjang






  • PENGERTIAN MIND MAP
Adalah diagram istimewa yang cara kerjanya sesuai dengan cara kerja otak dan yang membantu untuk berfikir,membayangkan,mengingat,dan merencanakan serta memilih informasi singkatnya.Mind Map adalah alat sempurna untuk membantu belajar dan mengulang pelajaran.


  • MENGULANG PELAJARN DENGAN MIND MAP
Mind Map akan mempermudah mengulang semua pelajaran untuk ujian,Membantu memilah,menyusun pekerjaan,Mengerjakan ujian.
Mengulang Pelajaran itu Apa?
Melihat kembali,mengulang sesuatu agar  otak dapat mempelajari kembali,memikirkannya kembali dan mengingatnya.Meskipun demikian mengulang pelajaran bukan berarti mengulang setumpuk buku pelajaran yang membosankan.Dengan konsep Mind Map mengulang pelajaran membiarkan otak BERMAIN dan BERSENANG-SENANG sehingga lebih mudah Mengingat.Kegiatan berkhayal sebenarnya adalah kegiatan yang menakjubkan dalam otak.Dengan Mind Map Khayalan dapat diarahkan menjadi kesuksesan.

  • RUMUS 5 KALI MENGULANG PELAJARAN
"Tanpa pengulangan,pelajaran atau revisi yang efektif,dalam satu hari saja,kita akan lupa 80% pelajaran baru yang telah dipelajari.Menakutkan bukan?Maka mengulang hendaknya 5 kali agar ingatan dan otak kita dapat menyimpan pelajaran SELAMANYA!!!!!!( Mengingat Jangka Panjang)Kapan?????

  1. Satu jam setelah mempelajari atau membaca sesuatu
  2. Satu hari kemudian
  3. Seminggu kemudian
  4. Sebulan kemudian
  5. Enam bulan kemudian
Mind Map merupakan Peta Pikiran yang diciptakan oleh Tony Buzan seorang ahli dan penulis produktif di bidang psikologi, kreativitas dan pengembangan diri. Menurut Buzan, otak bekerja dengan gambar dan asosiasi, dan cara mencatat Mind Mapping juga mengandalkan gambar dan asosiasi tersebut.
Bagaimaan Mind Map bekerja? Memadukan Gambar2 dengan kata Kunci(keyword) yang singkat yang membentuk asosiasi dikepala,sehingga dengan melihat gambar,ribuan kata-kata akan terjelaskan.Sehingga tidak perlu menghapalkan deretan kata-kata yang panjang lebar.Dengan Mind Map,kita dapat menyingkat catatan yang berpuluh-puluh halaman menjadi  beberapa gambar saja. Mau Coba! Persiapkan Alat-alatnya terlebih dahulu!

  1. Kertas Kosong tidak bergaris (HVS)
  2. Alat Tulis (Pena , Pensil Warna,Spidol)
  3. Imaginatif (Khayalan) dikembangkan
Langkah membuatnya:

  • Buatlah Pusat Topik ditengah-tengah kertas,dengan bentuk lingkaran,segi4,atau segi yang lain ( CONTOH PELAJARAN KOMPUTER: INTERNET)
  • Buatlah  cabang-cabang yang berhubungan (PENGERTIAN,SARANA,FASILITAS,....)
  • Kemudian kembangkan cabang-cabang tadi,untuk mengingat berilah warna yang berbeda beda antara cabang yang satu dengan cabang yang lain. 
  • selesai.Coba lihat kembali gambar yang sudah dibuat dengan MIND MAP tadi dengan aturan  pengulangan seperti diatas,maka pasti akan menjadi ingatan yang luar biasa.
sebagai gambaran,lihatlah gambar MIND MAP di bawah! (mengingat Tema:GLOBAL WARNING)

MIND MAP Flesibel artinya konsep ini dapat digunakan dalam bidang studi apapun dan dapat digunakan oleh siapapun.tergantung dengan keperluan Sipengguna.Pada awalnya menggunakan ini aneh,tp lama-lama akan terasa lebih nyaman dibanding dengan mencatat yang beribu2 kata.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membaca.GBU

Sumber:Buku Pintar Maind Map untuk anak-anak Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar